Journey To Malaysia

Perjalanan itu Bernama Ukhuwah…

Alhamdulillah segala puji bagi Allah atas limpahan rahmat dan karunianya. Anugrah besar akhir bulan Agustus 2019 adalah mendapat kepercayaan untuk mengikuti kegiatan Teacher Profesional Workshop Petrosain Petronas Kuala Lumpur Malaysia, yang dilaksanakan tanggal 27-29 Agustus 2019. Penyelenggara kegiatan ini adalah JSIT Indonesia Pusat yang in sya Allah akan dilaksanakan secara rutin untuk menambah wawasan guru-guru JSIT tentang perkembangan sains di Negeri Jiran tersebut.

Berangkat Ahad malam bersama rombongan dari seluruh perwakilan SIT di bawah Yayasan Nur Hidayah, sekaligus bersama rekan-rekan sejawat dari Karisidenan Surakarta. Perjalan berawal dari Bandara Adi Soemarmo Solo menuju Bandara Soekarno Hatta Cengkareng. Rombongan akhirnya bertemu dengan rombongan dari perwakilan JSIT se-Indonesia yang memang konsen untuk mengikuti kegiatan tersebut. Meski pada akhirnya kami harus terpisah menjadi 2 kloter. Kloter pertama langsung melanjutkan perjalan ke Kuala Lumpur, sedangkan kloter kedua harus menginap di hotel sekitar bandara, karena jam keberangkaan pesawat Malaysia Airlines jam 11.oo esok harinya. Alhamdulillah saya termasuk anggota kloter 2, yang beranggotakan 9 orang. Sedang kloter kedua beranggotakan lebih dari 30 orang.

Hari pertama tiba di Kuala Lumpur, kami langsung diantar ke beberapa tempat bersejarah oleh pemandu kami, Bang Ainun yang ternyata orang Indonesia, yang sedang melanjutkan studi di USIM. Universitas Sain Islam Malaysia. Kantor Pemerintahan zaman dulu, Masjid Jamek, Tanah Merdeka, Kasultanan Malaysia dan tempat-tempat lainnya.

Mamasuki hari kedua, kami sudah bisa bertemu dengan teman-teman kami yang sudah terlebih dahulu menginjakkan kaki di Kuala Lumpur. Bertukar cerita tentunya karena ada beberapa perbedaan tempat yang dikunjungi. Hari kedua di Kuala Lumpur, kami diberi kesempatan untuk berbaur langsung dengan warga Malaysia. Bagaimana tidak…kami harus mencari sistem transportasi secara mandiri meski berkelompok. Membeli tiket MRT, masuk stasiun bawah tanah, naik MRT, menuju lokasi dan akhirnya sampailah kami di Petrosain yang berada di dalam Twin Tower. Menara kembar kebanggaan warga Malaysia.

Dua hari kami disibukkan dengan berbagai kegiatan sain yang dikemas apik dalam bermacam-macam game yang asyik dan menarik. Mulai dari hal-hal sederhana untuk anak-anak PAUD misalnya bermain gelembung, untuk anak-anak yang lebih besar lagi juga lebih seru. Mengenal angka kelipatan, organ tubuh, pola dan tentang pembakaran. Setelah makan siang kami berkesempatan masuk ke dalam wahana yang luar biasa, kalau di Indonesia semacam Taman Pintar yang ada di Jogja, atau mirip Jatim Park 3 karena ada wahana Dinosaurusnya juga, serta wahana yang lain yang berhubungan erat dengan ilmu sain.

Hari ketiga kami, diakhiri dengan agenda Story Telling. Bersama Cik Gu Noer Azar yang dengan gayanya yang luwes mampu memikat semua audiens dengan story telling tentang sains. Ini tentu menginspirasi kami untuk membuat kelas lebih hidup dengan aneka macam gaya dalam menyampaikan ilmu kepada anak-anak.

Perjalanan ke Malaysia diakhiri dengan lawatan ke USIM. Universitas Sains Islam Malaysia. Tempat pertama yang dituju adalah masjid megah milik universitas. Dilanjutkan dengan melihat-lihat fakultas yang ada disana, meski tidak sempat turun untuk bisa melihat lebih dalam. Kesempatan terakhir, kami diajak ke Insan Koleg dimana sekolah tersebut adalah sekolah menengah di bawah USIM dengan fasilitas yang luar biasa karena anak-anak yang disana pun juga anak-anak yang luar biasa. Baik dari kecerdasan maupun bakat yang dimiliki.

Badan memang lelah, tapi sebanding dengan apa yang kami didapatkan disana. Sungguh mengispirasi kreatifitas kami dalam membersamai tumbuh kembang anak-anak kami. Semangat untuk lebih baik….

Dewi Marsiyah, S.Si

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.