,

PEMBELAJARAN AL-QUR’AN METODE LITTAQWA

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi PAUD IT Nur Hidayah Surakarta yang salah satunya adalah mendidik generasi Qur’ani maka dalam kegiatan belajar mengajar di PAUD IT Nur Hidayah Surakarta ada program pembelajaran Al Qur’an. Setiap harinya difokuskan selama 60 menit untuk pembelajaran Al Qur’an. Untuk pembagian waktunya adalah sebagai berikut:
1. Pembukaan (5 menit)
2. Muroja’ah hafalan dan menambah hafalan baru (15 menit)
3. Penanaman konsep materi dengan peraga (10 menit)
4. Latihan ketrampilan membaca (20 menit)
5. Pesan dan nasehat (5 menit)
6. Mengulang ayat baru dilanjutkan do’a penutup (5 menit)

Metode yang kita gunakan untuk pembelajaran Al qur’an adalah metode littaqwa, yaitu metode yang dirancang oleh tim Internal dari Qur’an Center Nur Hidayah Surakarta. Dalam Metode ini terdiri dari 1 buku I’dad dan 4 jilid dengan pembagian materi sebagai berikut:
I’dad : Pengenalan huruf Hijaiyah tunggal berharokkat Fathah
Jilid 1 : Pengenalan huruf hijaiyah asli, huruf bersambung berharokat fathah, kashroh, dhommah dan pengenalan tanwin
Jilid 2 : Pengenalan huruf mad, sukun dan waqof
Jilid 3 : Pengenalan dengung, jelas, tasydid, lafadz Allah dan waqof ibtida’
Jilid 4 : Pengenalan tajwid dan bacaan ghorib
Khusus untuk PAUD kita targetkan untuk selesai buku I’dad dan jilid 1. Harapannya anak-anak memiliki penguasaan huruf hijaiyah yang kuat sehingga memudahkan untuk belajar materi di jenjang selanjutnya.
Untuk kegiatan hafalan, anak-anak akan ada talaqi per ayat setiap harinya. Harapannya ada progress yang selalu bertambah setiap tahunnya sehingga berazzam anak-anak dapat menyelesaikan juz 30 selama di PAUD IT Nur Hidayah Surakarta.
Untuk mendukung program tersebut tak lupa pihak sekolah juga mengadakan program untuk upgrade SDM. Kegiatan tersebut berupa koordinasi setiap dua pekan sekali dan setoran hafalan sepekan sekali.
Dalam kondisi saat ini yang menerapkan Lockdown untuk membatasi penyebaran virus corona maka kami melakukan pembelajaran lewat media sosial. Ada penugasan untuk pembelajaran Al Qur’an di rumah yaitu muroja’ah dan membaca buku littaqwa. Orang tua mengirimkan laporan berupa foto dan video melalui grup whatsapp.
Semoga dengan upaya ini bisa tetap menjaga keistiqomahan anak didik PAUD IT Nur Hidayah Surakarta dalam belajar Al Qur’an sehingga terwujud generasi Qur’ani. Aamiin Yaa Rabb.

By: Ustadzah Suratmi Ningsih, S.Pd

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.