,

KULWAP PARENTING

KULWAP PARENTING

Pemberdayaan orang tua merupakan salah satu kerja bidang Humas PAUD IT Nur Hidayah Surakarta. Selama masa Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak pertengahan bulan Maret 2020 lalu, beberapa agenda baru diluncurkan terkait dengan keorangtuaan, salah satunya adalah Kulwap Parenting. Kulwap Parenting yang diselenggarakan setiap dua pekan sekali ini merupakan kegiatan kajian dan pendidikan untuk para orang tua dan pendidik. Tema-tema yang diangkat pun lebih pada seputar pendidikan anak dan kajian keislaman seperti Pendidikan Seks Pada Usia Dini, Membangun Budaya Literasi Sejak Dini, New Normal di Rumah dan di Sekolah, dan lain sebagainya. Tak hanya itu narasumber-narasumber yang dihadirkan pun adalah narasumber yang kompeten di bidangnya. Mereka tak lain adalah para pendidik maupun orang tua wali murid SIT Nur Hidayah Surakarta.


Kulwap Parenting yang telah terlaksana tiga belas kali sejak pelaksanaannya ini diikuti oleh 357 peserta dari seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan grup whatsapp ini pun harus dibagi menjadi dua grup karena jumlah peserta melebihi kapasitas satu grrup whatsapp. Tidak hanya orang tua wali murid internal PAUD IT Nur Hidayah Surakarta yang mengikuti grup kulwap parenting ini, akan tetapi juga para orag tua dn pendidik dari luar Nur Hidayah juga banyak.

Materi yang ditampilkan dalam Kulwap Parenting tersebut berupa tampilan slide dan pemaparan materi melalui voice note. Harapannya bagi yang tiidak sempat mengikuti hari H penayangan Kulwap, bisa tetap mendapatkan materinya. Di sesi akhirr biasanya akan ada forum tanya jawab seputar tema yang disampaikan. Harapannya bisa semakin memperdalam kajian ilmu yang telah disampaikan oleh narasumber.

Kulwap Parenting PAUD IT Nur Hidayah Surakarta diharapkan bisa menjadi sarana tholabul ‘ilmi bagi para pendidik dan orang tua. Sejatinya dalam kondisi apapun, termasuk kondisi pandemi ini kita tetap harus belajar untuk mengupgrade kemampuan dan keahlian kita, baik sebagai orang tua maupun para pendidik. Bahkan agenda Kulwap Parenting ini telah diadopsi oleh beberapa sekolah di tanah air, termasuk di TKIT Praya di Lombok dengan narasumber yang sama. Bahagianya bisa berbagi kebaikan untuk banyak orang. Semoga agenda ini bisa terus berlanjut dan membawa kemanfaatan serta keberkahan untuk umat. Aamiin Yaa Rabb.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.