Tips Mengajari Anak Untuk Berbagi Mainan

Dunia anak adalah dunia bermain. Dimana anak suka bermain sendiri ataupun dengan orang lain. Saat bermain dengan temannya pasti ada beberapa masalah. Nah salah satunya yaitu rebutan mainan yang dimilikinya. Ini ada beberapa tips untuk mengajarkan anak suka berbagi mainan dengan temannya. Yuk kita simak….

  1. Kenalkan konsep berbagi secara sederhana, berbagi bukan berarti memberikan miliknya.

Berikan pengertian kepada anak dengan bahasa yang sederhana, sehingga anak dapat paham tentang berbagi yang kita maksud. Dari sini anak akan mengerti bahwa berbagi mainan bukan berarti memberikan mainan miliknya ke orang lain.

  1. Tidak memaksa anak ketika tidak mau berbagi, tanyakan alasannya.

Perlu ditekankan bahwa kita tak boleh memaksa anak untuk berbagi. Ketika anak belum mau berbagi mainannya dengan temannya, maka tanyakan alasannya. Mengapa belum mau berbagi? Mungkin disinilah kita akan menemukan alasannya dan kita bisa memberi pengertian padanya.

  1. Puji saat anak mau berbagi dan tidak menghukumnya jika tidak mau.

Anak akan senang bila diberi pujian ketika mereka melakukan hal yang baik. Dari pujian ini akan menumbuhkan rasa ingin berbaginya lebih muncul, di lain kesempatan dia akan senang berbagi lagi dengan temannya. Jika memang belum mau berbagi, jangan sampai menghukumnya. Karena itu bisa membuat anak tidak ada rasa ingin berbagi dengan orang lain.

  1. Orang tua memberi contoh berbagi itu menyenangkan.

Anak akan mencontoh orang tua, baik perilaku yang baik maupun buruk. Karena fitrahnya anak kecil adalah mencontoh. Sebagai orang tua, kita adalah teladan bagi anak kita. So, yuk ajarkan dan perlihatkan kepada anak kita, bagaimana kita berbagi dengan orang lain dengan cara menyenangkan.

 

Nah, ini beberapa tips untuk mengajari anak kita berbagi mainan dengan temannya…

Semoga dengan tips ini anak kita senang berbagi mainan dengan temannya dan mereka saling menyayangi… aamiin…

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.