JANGAN MAKAN BERLEBIHAN

Al Miqdam bin  Ma’dikarib radhiyaaalhu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasullah SAW bersabda: “Tidaklah seseorang manusia mengisi sebuah tempat yang lebih buruk daripada perut, cukuplah bagi manusia beberapa suapan yang menegakkan punggungnya, dan jika hawa nafsunya mengalahkan manusia , maka 1/3 untuk makan , 1/3 untuk minum, 1/3 untuk bernafas.

(HR.Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Al Bani didalam kitab silsilat Al Hadist ash Shohihah, No 2265)

Lebaran memang identik dengan sajian santapan yang lezat. Mulai dari lontong opor, ketupat sayur, pencuci mulut  hingga kue manis yang sangat menggoda lidah untuk mengkonsumsinya.Bisa dibilang setiap orang pasti ngin memanjakan  perutnya dengan santapan tersebut.Tapi perlu berhati hati jika dikonsumsi secara berlebihan makanan  lezat tersebut bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai macam penyakit.

Sebagian besar penyakit bersumber dari makanan dan minuman yang berlebihan, tidak seimbang, kadang diikuti kurangnya kebersihan  makanan dan minuman  yang disantap. “ Lambung ( perut) adalah kolam tubuh. Urat – urat seluruhnya bermuara kepadanya ,karena  itu jika lambung sehat maka urat- urat akan tumbuh sehat. Jika lambung sakit maka urat urat akan tumbuh sakit “ (HR Thabrani)

Penyakit yang biasanya mengintai saat lebaran dan setelah lebaran.

Kelelelahan, daya tahan menurun. Padatnya aktivitas, mulai mudik ke kampung halaman, kemudian dilanjutkan silaturahim saat lebaran kadang membuat kita melupakan istirahat.Nah terlalu berlebihan saat beraktivitas juga bisa membahayakan karena jika terlalu lelah, bisa menurunkan daya tahan tubuh dan akan lebih mudah terserang penyakit.

Penyakitt diare. Biasanya timbul karena masuknya makanan ato minuman yang kurang seimbang dan dalam jumlah berlebihan. Apalagi di perjalanan kita sulit memilih makakan yan benar benar bersih dan sehat. Jika makan dan minuman tersebut tercemar bakteri akan menyebabkan terinfeksinya saluran cerna dan terserang diare.

Penyakit maag.Makanan dan minuman yang meningkatkan produksi asam lambung diantaranya pedas, asam, bersoda, minuman berpengawet dan lain lain.

Penyakit Hiperkolesterol.Yaitu tingginya kadar kolelesterol dalam darah. Karena pada saat lebaran makanan yang disediakan biasanya tinggi kolesterol.

Penyakit asam urat. Juga rentan terjadi karena makanan   yang disajikan tinggi kandungan asam uratnya diantaranya jeroan, otak, udang, cumi, kacang kacangan, emping dan daun singkong.

Penyakit  hipetensi. Termasuk penyakit yang muncul akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin, makanan berkolesterol, makanan yang diawetkan, daging kambing . Akibat yang lebih jauh adalah beresiko terserang stroke.

Penyakit Diabetes. Sering menjadi lebih berat ato gula darahnya meningkat disebabkan karena  tidak mengatur pola makan.

Penyakit jantung. Selain karena pola makan yang kurang baik juga aktivitas yang berlebihan. aktivitas yang dipaksakan diluar kemampuan tubuh dapat mengakibatkan pola jantung tidak mau lagi bekerja dengan baik, sehingga timbul gagal jantung dan teresa sesak nafas yang makin emberat.

Sungguh penyakit diatas tidak bisa dianggap sepele.Untuk  itu sangat tepat bila kita mengamalakan hadist diatas, yakni mengatur pola makan untuk sehat. Beberapa tips berikut perlu diperhatikan agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengancam.

  • Tetap makan teratur serta tidak mengambil porsi terlalu besar setiap kali makan.
  • Konsumsi makanan dengan komposisi zat bergizi seimbang, yaitu lebih banyak sumber karbohidrat komplek ( nasi ato ketupat) sedikit lemak, dan protein ( opor, gulai) serta sedikit sekali gula, minyak dan garam termasuk kue -kue yang manis.
  • Setiap kali makan harus terdiri dari berbagai jenis makanan termasuk sayur dan buah. Dan jangan setiap kali makan mengambil makanan yang disukai saja ato yang enak rasanya.
  • Selalu ingat bahwa makanan yang kaya kandungan lemak akan memberikan asupan kalori yang paling besar.

Diriwayatkan dari Abu Ayyub Al Anshari r.a bahwa Rasullah SAW bersabda, yang artinya “Barang siapa yang berpuasa ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal , maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR.Muslim). Nah ditambah puasa syawal enam hari ini mudah- mudahan dapat mengerem keinginan untuk menyantap berbagai makan enak dan berlebihan seusai ramadhan.

 

Disusun: Juniyati, S.Pd.I

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.