Kisah Pembangunan Ka’bah

Ka’bah di bangun oleh nabi Ibrahim dan putranya yaitu nabi Ismail.Ka’bah adalah tempat khusus untuk beribadah,tempat bagi seluruh manusia untuk menegakkan peribadatan hanya kepada Allah saja.Karena pada saat itu, terdapat banyak kejahatan, manusia telah melupakan kebesaran Allah dan kesempurnaan Allah.Mereka menaruh harapan kepada benda-benda seperti batu-batu dan pohon-pohon.Allah yang maha Tinggi melihat segalanya dan Dia menginginkan untuk mengembalikan manusia kepada jalan menuju surga dengan memerintahkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail mbngun Ka’bah.

Ka’bah di bangun di Mekah.Allah mengirimkan angin sejuk untuk membimbing Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.Mereka mengikuti angin itu dengan Kampak.Di saat angin terus bertiup,mereka mengikutinya di belakang.Ia kemudian berhenti tepat di titik mana Ka’bah akan di bangun.Kemudian dengan Kampak mereka mulai menggali,mereka membawa batu-batu besar yang akan membentuk empat dinding.Ketika mereka meletakkan batu-batu tersebut,mereka berdo’a (dalam surah al baqoroh ayat 127-129).

Ketika batu demi batu di letakkan ,dinding Ka’bah mulai menjadi lebih tinggi.Sehingga Nabi Ibrahim tidak lagi dapat mencapai puncaknya.Nabi Ismail menemukan batu besar dan meletakkannya,kemudian Nabi Ibrahim berdiri di atasnya.Akhirnya beliau dapat menyempurnakan dinding Ka’bah itu.

Ketika susunan batu di semen.Ka’bah yang besar telah di bangun.Ka’bah menjadi simbol Tauhid bagi semua manusia.Dia berdiri menjadi peringatan pada hari ini,bahwa tidak ada yang berhak di ibadahi dengan benar melainkan Allah.

Itulah kisah bagaimana Ka’bah di bangun.Kita belajar bahwa Ka’bah di bangun untuk alasan yang besar.Alasan yang sama ketika Allah menciptakan kita untuk beribadah hanya kepada Allah.Inilah kebenaran dan kita mencintainya.

Dan segala sesuatu yang di sembah selain Allah adalah dusta.Itu adalah kezaliman/kejahatan yang paling besar dan kita membencinya.

Allah menjadikan kita muslim,dan sebagai muslim,Allah memerintahkan kita untuk mengikuti contoh yang di berikan oleh Nabi Ibrahim.Ketika beliau berdoa agar Allah mengutus seorang Rasul terakhir.Maka Allah mengutus Rasul-nya Muhammad Saw.Nabi kita Muhammad Saw juga berada di atas jalan Ibrahim.Jalan yang lurus ini adalah jalan Islam.Islam telah lengkap dan sempurna.Islam adalah jalan lurus menuju Surga.

 

Disusun: Ika Ratnasari

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.